Selasa, 11 Oktober 2016

Hidrosefalus Saat Masih Di Kandungan?

Hidrosefalus Saat Masih Di Kandungan?

Pakar bedah syaraf RS St Elisabeth Semarang dokter M. Amanullah menyatakan hidrosefalus atau akumulasi cairan di dalam otak yang menyebabkan kepala bayi membesar bisa dideteksi ketika masih dalam kandungan. Yang menyebabkan hidrosefalus bermacam-macam, tapi yang paling sering ditemukan adalah karena kelainan bawaan sejak lahir yang disebabkan infeksi toksoplasmosis. Jika ada infeksi saat dikandungan biasanya bayinya lahir dengan hidrosefalus, paling sering biasanya itu.

Hidrosefalus Saat Masih Di Kandungan?
Yang penting untuk diketahui hidrosefalus bukanlah penyakit turunan, penyakit ini juga bisa dicegah dengan cara pemeriksaan secara rutin sebelum dan selama kehamilan. Tes TORCH juga bisa jadi alternatif untuk mencegah bayi cacat.

Jadi sebelum hamil si ibu harus sudah dipastikan bahwa dia sehat, tidak ada infeksi-infeksi yang bisa menyebabkan kelainan bawaan. Kebanyakan para ibu memeriksa, kalau sudah hamil. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah dengan menjaga asupan gizi. Kekurangan zat gizi tertentu atau komponen tertentu bisa berakibat kelainan pada bayi, termasuk kelainan otak.
Hidrosefalus Saat Masih Di Kandungan?
Wisma Kasih Bunda yang beralamat di Jalan Sanggung Barat Nomor 3 B Semarang merupakan tempat kegiatan pelayanan peduli anak-anak hidrosefalus dan berbagai penyakit lainnya yang dikelola perancang busana Anne Avantie. Menurut dokter yang telah membantu operasi ratusan anak hidrosefalus di Wisma Kasih Bunda itu mengatakan bahwa hidrosefalus sebenarnya bisa dideteksi sejak bayi dalam kandungan melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG).

Pemeriksaan USG untuk mendiagnosis bayi dalam kandungan menderita hidrosefalus atau tidak, kata dia, bisa dilakukan saat usia kandungan 6-7 bulan. Akan tetapi, apabila terdiagnosis, memang belum bisa langsung ditangani. Kalau di luar negeri bisa dilakukan operasi penyedotan cairan saat bayi masih dalam kandungan, namun, sayangnya di Indonesia belum bisa karena belum adanya fasilitas pendukung. Operasi baru dilakukan setelah bayi lahir.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar